Archives
Hosting
Hosting: Hostgator
Dapatkan Diskon Sebesar 25%
Gunakan Kupon: RIVABIZDISC25

Pergerakan Google dan Adsense Di Indonesia

Pergerakan Google dan Adsense di Indonesia

Pergerakan Google dan Adsense di Indonesia

Mendulang dolar melalui Adsense bukan suatu hal yang baru lagi bagi para Internet Marketer di Indonesia. Sudah sejak bertahun-tahun yang lalu banyak orang di Indonesia yang mengeruk dollar melalui Adsense. Ada yang sukses meraih penghasilan ratusan hingga ribuan dollar per bulan, ada juga yang belum ‘pecah telur’ alias belum mendapatkan penghasilan.

Kenapa belum/sedikit menghasilkan? Alasannya sederhana, belum bisa menembus papan atas SERP (hasil pencarian di Google) untuk keyword yang ditarget, sehingga belum mendapatkan traffic yang banyak.

Ada juga yang sudah memperoleh penghasilan yang bagus, tetapi mengalami banned berkali-kali, sehingga bisa mendapat penghasilan yang stabil.
Kalau begitu apakah Adsense masih dapat memberikan penghasilan? Apakah masih ada harapan dari Adsense? Jawabannya tergantung dari masing-masing pribadi 😀

Tahun 2011 Google mengirimkan banyak voucher Adwords bagi Publisher di Indonesia dan juga beriklan di sana-sini. Tujuannya adalah tak lain untuk meningkatkan pengiklan, guna mencukupi konten yang ideal agar dapat tampil sebagai kontennya Adsense.

Kelihatannya Google mendapat respon yang positif, sehingga beberapa waktu lalu Google mengeluarkan berita gembira dengan mengijinkan negara Indonesia menjadi Publisher, dengan Bahasa Indonesia tentunya (lihat http://support.google.com/adsense/bin/answer.py?hl=en&answer=9727).

Dan kalau kita perhatikan, iklan-iklan yang keluar di Adsense merupakan iklan yang berkualitas. Tidak heran karena salah satu perusahaan besar di Indonesia saja rela mengeluarkan budget 300-400 juta per bulan hanya untuk beriklan melalui Adwords. Mungkin ini yang harus ditiru oleh pelaku PPC di Indonesia agar dapat menampilkan iklan-iklan yang berkualitas.

Tidak hanya itu, para agency di industri digital juga tidak tanggung-tanggung, mereka menyiapkan training bagi karyawannya hingga bisa memperoleh sertifikasi Adwords secara profesional. Mereka tidak setengah-setengah melayani klien yang mereka tangani.

Lanjut dari perkembangan di atas, beberapa waktu lalu kita juga mendengar kabar pembukaan kantor/perwakilan Google di Indonesia (baca http://teknologi.vivanews.com/news/read/300631-google-buka-kantor-di-indonesia).
Dengan dibukanya kantor Google di Indonesia, tidak hanya internet marketer Indonesia yang makin bergairah, tetapi industri online/digital Indonesia juga makin menggila.
Coba lihat portal-portal seperti Detik.com, Vivanews.com, Goal.com Indonesia, dan masih banyak lagi, mereka semuanya menampilkan iklan Adsense di semua halamannya.

Sekarang mari kita coba berhitung… jika, andaikan, misalkan…traffic 1000 s/d 2000 per hari bisa memberikan penghasilan sekitar $5 – $10 per hari.
Traffic dari portal-portal besar tersebut bisa saja menembus angka 100.000 pengunjung per hari.
Maka portal-portal tersebut bisa meraup $500 – $1000 per hari, bahkan mungkin lebih. Dalam satu bulan bisa mencapai $30.000, atau sama dengan 300 juta rupiah per bulan, hanya dari Adsense saja dan hanya dari satu portal saja. WOW…. angka yang fantastis yaaaaa 😀

Itu sih hitung-hitungan kasar yah. Tapi hitung-hitungan tersebut bisa menjadi gambaran potensi yang bisa kita peroleh jika bisnis ini di-“serius”-in.

Para pelaku bisnis di jalur industri sudah pada “melek” akan hal ini. Mereka tahu potensi yang bisa diperoleh dari Adsense di Indonesia. Apakah kita hanya mau diam saja dan membiarkan industri-industri tersebut meraup keuntungan gila-gilaan dari Adsense? The choice is yours 😀

Kalau pilihannya ingin ikut nyemplung, ya harus tahu apa yang harus dikerjakan. Langkah mudahnya ya ATM: Amati, Tiru, Modifikasi. Amati apa yang menyebabkan portal-portal tersebut diminati oleh pembaca, Tiru dan Modifikasi. Gunakan kreatifitasmu…. Let’s do it.

Suka dengan artikel ini? Klik +1 donk:

14 Komentar untuk “Pergerakan Google dan Adsense Di Indonesia”

  • wah, bener juga ya. saya selalu kepikiran untuk menarget ke luar saja, padahal potensi didalam juga besar. terima kasih pencerahannya.

    • Riva:

      betul mas… beruntunglah bagi mereka yang sudah menyiapkan untuk hal ini dari bbrp tahun lalu… tapi ga ada kata terlambat bwt mulai kan? 😀

  • waah ini kesempatan untuk sukses. jangan disia-siakan.

  • Wah kalo detik.com sudah pasang Adsense, berarti Iklan Adsense sudah boleh dipasang di situs berbahasa Indonesia ya bang Riva?

    • Riva:

      heheh.. iya bang Kasmin, ketinggalan berita yah? udah dr beberapa bulan yg lalu kok bisa dipasang di situs berbahasa indonesia :)

  • Apalagi sekarang tool untuk riset keyword bahasa indonesia semakin mudah ditemukan, jadi tambah ok nih, kalau bikin situs bahasa indonesia, yang penting konsisten, apapun itu….makasih pencerahannya, sukses terus pak riva…

  • betul sekali.. kalu mslah adsens yang pntng perbnyk trafik.. bnyak nulis aja.. dan paling susah sbnrnya mmperthnkan akun google agar gk banned

  • Akun Adsense saya sdh beberapa kali kena banned Pa Riva di blog2 sy yg berbahasa inggris, utk mendaftar lagi dengan blog berbahasa Indonesia masih bisa ga, ntar diomelin sama om google deh hehehe…atau mungkin Pa Riva ada solusinya ? trims

    • Riva:

      Banned pasti ada sebabnya… walaupun kadang kita kurang tau pasti.. tp paling tidak harus coba meminimalisir hal-hal yang menjadi penyebab banned..
      Utk daftar lagi, coba cari di forum Adsense-id, disana pasti banyak yg ksh solusi :)

  • KONSISTEN, gampang-gampang susah..kalo lagi pas mood ya gampang tapi kalo lagi gak mood susahnya minta ampun. Konten bahasa indonesia masih belum sy optimalkan untuk google adsense, takut banned, orang indonesia isengnya minta ampun. Saya pernah banned 3x karena fraud klik dan ip utama dari indonesia..gimana mau optimal dan konsisten?

  • […] Pergerakan Google dan Adsense Di Indonesia […]

Beri Komentar