Archives
Hosting
Hosting: Hostgator
Dapatkan Diskon Sebesar 25%
Gunakan Kupon: RIVABIZDISC25

Kunci Keberhasilan Menjalankan Bisnis Online Di Tahun 2011

Kunci Keberhasilan Menjalankan Bisnis Online Di Tahun 2011

Kunci Keberhasilan Menjalankan Bisnis Online Di Tahun 2011

Menjalankan bisnis online tidak beda dengan bisnis offline. Bisnis online memerlukan strategi, pemikiran dan upaya yang sama juga layaknya bisnis offline. Oleh karena mari kita coba membuka diri dan mata kita atas apa yang harus kita lakukan agar bisnis online kita dapat lebih berkembang lagi di tahun 2011 ini.

Berikut beberapa tips yang bisa membantu kita menjalankan bisnis online:

1. Manajemen Keuangan

Aturlah pemasukan maupun pengeluaran sebaik mungkin. Catat apa yang menjadi pemasukan dan pengeluaran kita sedetail mungkin. Dengan begitu kita bisa tahu seberapa besar kita mendapatkan keuntungan, dan juga bagian-bagian mana yang membuat kita melakukan pengeluaran cukup besar.

Coret post-post yang tidak penting dan yang bukan merupakan kebutuhan utama. Batasi berbelanja yang sifatnya konsumtif baik secara offline maupun secara online.

Jika kita mendapatkan pemasukan yang berlebih dari biasanya, jangan terburu-buru melakukan pengeluaran yang lebih banyak atau bahkan mengubah level gaya hidup kita lebih tinggi lagi.

Kondisi bisnis online sangatlah dinamis. Banyak hal yang dapat berubah seketika yang akan mempengaruhi kondisi bisnis kita. Banyak hal/variabel yang juga dapat mempengaruhi pemasukan kita. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Oleh karena itu gunakan secara bijak uang yang ada pada kita.

Pengaturan dan perencanaan keuangan yang baik akan membantu berjalannya bisnis yang kita jalankan secara sehat, sehingga kita dapat lebih lagi mengembangkan bisnis kita.

Disini kita bisa melihat contoh catatan pengeluaran pribadi. Kita juga bisa menyesuaikannya untuk mencatat pengeluaran bagi bisnis kita.

.

2. Investasi

Investasikan sebagian pemasukan/keuntungan yang kita dapatkan. Pikirkan dengan cermat investasi yang kita lakukan. Apa yang akan kita dapatkan jika kita mengeluarkan uang untuk sesuatu hal. Apakah kita akan mendapatkan keuntungan dari investasi tersebut? Seberapa lama kita dapat memperoleh keuntungan?

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai bidang yang ingin kita investasikan. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari karena kita kurang mempunyai informasi yang tepat.

Investasi dalam bisnis online bisa untuk menambah ilmu/pengetahuan yang berguna bagi pengembangan strategi bisnis kita, bisa juga merupakan alat/tool/perlengkapan yang dapat membantu kita dalam bekerja, atau merupakan bisnis baru yang bisa mendatangkan keuntungan.

Investasi yang menambah ilmu pengetahuan seperti membeli ebook yang banyak bertebaran di internet, mengikuti kursus/training secara online (misal Mr.Action Club dari JS), atau mengikuti seminar secara offline (misal seminar paypal yang diadakan oleh MH).

Investasi alat/tool/perlengkapan bisa merupakan perlengkapan komputer (hardware) dengan spesifikasi yang dapat mendukung pekerjaan kita, software yang dapat meningkatkan efisiensi pekerjaan seperti Market Samurai untuk riset keyword, plugin-plugin yang dapat menunjang sistem bisnis online yang lebih baik, misal plugin shopping cart atau affiliate program dan lainnya.

Investasi pada bisnis yang baru bisa dengan membuka sendiri bisnis di bidang yang lain atau mengajak kerjasama pihak lain dalam berbisnis (menanam modal).

Kita dapat melakukan investasi jangka pendek ataupun jangka panjang. Yang penting kita tahu apa yang akan kita dapatkan jika kita berinvestasi. Jangan berharap memperoleh keuntungan dalam jangka waktu dekat jika kita berinvestasi pada sesuatu yang sifatnya jangka panjang. Oleh karena itu informasi yang cukup akan membantu kita mengetahui sifat investasi yang kita lakukan.

Investasi yang tepat tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi kita tetapi juga akan mendongkrak bisnis kita secara signifikan.

.

3. Partner Kerja

Kita membutuhkan partner kerja atau tim yang dapat diajak bekerjasama untuk mencapai visi yang telah kita tetapkan.

Jika ingin bisnis kita berkembang besar, maka kita memerlukan partner atau tim. Bekerja sendirian akan banyak menyita waktu, tenaga dan energi kita. Tetapi jika ada partner maka kita akan dapat menyisihkan waktu, tenaga dan energi kita untuk hal-hal yang jauh lebih penting. Selain itu bekerjasama juga akan memperluas jaringan bisnis kita sekaligus mempermudah jalannya bisnis kita.

Carilah partner yang dapat dipercaya dan mempunyai kemampuan sesuai dengan apa yang kita butuhkan di bisnis kita. Tidak mudah mencari partner kerja yang dapat dipercaya. Salah-salah malah kita yang ditipu.

Kita memang tidak pernah tahu siapa yang dapat kita percaya dan siapa yang akan menipu kita.

Tetapi jika kita mau mulai mencari dan memulai untuk bekerjasama dengan orang lain, maka kita akan menemukan orang-orang yang tepat untuk bekerjasama dengan kita.

Ada berbagai macam bentuk kerjasama, seperti bekerjasama dengan menanam modal, bekerjasama sebagai supplier/distributor/reseller, bekerjasama sebagai affiliate, bekerjasama dengan tenaga outsource, dan lainnya.

Perhitungkan dengan seksama untung ruginya sebelum memulai bekerjasama. Pikirkan dan pelajari dengan baik apa yang harus dilakukan untuk menjalankan kerjasama tersebut. Pelajari sistem yang ada (jika memang sudah ada) atau persiapkan sistem yang mendukung kerjasama tersebut. Pertimbangkan faktor resiko yang mungkin terjadi dan bagaimana meminimalisir kerugian tersebut.

.

4. Belajar Dari Yang Telah Sukses

Untuk bisa terus berkarya, berinovasi dan berkreasi, kita butuh masukan dari sumber yang tepat. Jangan pernah berhenti belajar. Ketika kita berhenti untuk belajar, maka bisnis kita akan berhenti/mundur, kita akan berhenti dalam berinovasi, kita akan kalah dalam bersaing/berkompetisi.

Belajarlah dari orang-orang yang telah berhasil dalam bisnis. Apa yang telah mereka lakukan untuk keberhasilan bisnisnya merupakan pengalaman yang patut ditiru dan diikuti agar kita dapat lebih mudah mencapai keberhasilan.
Tidak ada hal yang dapat lebih cepat memicu keberhasilan kita selain kita berada di dekat orang-orang yang telah sukses.

Ketika kita berada di dekat mereka yang telah sukses, maka cara kita berpikir, cara kita bertindak, cara kita mengambil keputusan akan mengikuti cara-cara yang telah mereka lakukan.

Tidak masalah jika bidang yang mereka jalankan berbeda, karena prinsip berbisnis pada dasarnya dapat diterapkan di berbagai macam bidang. Yang penting adalah kemampuan kita untuk berpikir ketika dalam menjalankan bisnis.

Dan ketika kita berada di dekat orang-orang yang telah berhasil, maka kita dapat belajar bagaimana mereka meraih kesuksesan tersebut.

Teruslah belajar agar kita dapat terus bertahan bahkan sukses meraih keberhasilan dalam bisnis yang kita jalankan.

Ikutlah dalam komunitas orang-orang yang telah berhasil, bacalah majalah atau buku-buku yang mengupas keberhasilan dalam berbisnis, atau biografi orang-orang yang telah sukses, dan tontonlah tayangan yang dapat memberikan inspirasi bagi perkembangan bisnis kita. Ambil yang baik, dan buang yang tidak perlu 😀

.

Manajemen, investasi dan partner yang tepat, serta pembelajaran dari orang yang tepat merupakan kunci keberhasilan bisnis online yang kita jalankan. Mari kita kembangkan bisnis online yang kita miliki saat ini untuk meraih target yang telah kita tetapkan.

Let’s do it!

Suka dengan artikel ini? Klik +1 donk:

4 Komentar untuk “Kunci Keberhasilan Menjalankan Bisnis Online Di Tahun 2011”

Beri Komentar